Sabtu, 16 Februari 2013

Contoh Karangan Paragraf Induktif dan Deduktif


Mendapatkan sesuatu tidak semudah apa yang kita bayangkan. Mencari jalan untuk meraihnya tentu sangat sulit, rintangan pasti ada dalam perjalanan menuju tercapainya kesuksesan tetapi ada baiknya kita jangan mudah menyerah akan adanya satu rintangan tersebut.
           “Banyak jalan menuju roma” Itulah pepatah yang dapat memotivasi diri kita bahwa tentu banyak jalan pula untuk mencapai kesuksesan. Walaupun ada rintangan seperti halnya menyebrangi jurang yang sangat curam pasti dengan mudah bisa kita lewati. Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang telah dianugrahi akal pikiran oleh allah swt melebihi makhluk hidup lainnya. Tentu, dengan adanya akal pikiran yang kita gunakan sebaik mungkin jurang kehidupan pun bisa kita lewati.
Semua manusia tentu ingin cita-citanya tercapai, banyak cara untuk meraihnya. Salah satu modal dasar untuk mencapai apa yang kita inginkan dengan adanya niat. Seperti niat belajar, Belajar sama artinya dengan mengulang. Mengulang membuat kita mudah terbiasa mengingat segala sesuatu apa yang telah kita pelajari. Mengulang membuat akal pikiran kita semakin terasah dan berkembang secara pesat. Dengan mencoba dan tanpa keluh kesah , mengambil segala kesempatan yang ada bertarung melawan segala kemungkinan yang akan terjadi mungkin suatu hari nanti kita akan mencapai pada penghujung dan akhir yang bahagia yakni kesuksesan. Setidaknya hal inilah yang bisa kita petik jika telah memiliki tekad yang bulat terhadap satu hal, asalkan ada niat pasti ada jalan.
Saat ini pun kita masih berada dalam perjalanan menuju kesuksesan, semua orang tentu akan sukses dengan caranya masing-masing. Mereka pasti telah memilih melalui cara apakah mereka akan sukses nantinya. Semua orang tidak akan tahu apa jadinya kita bila menginjak 7 atau bahkan 10 tahun mendatang, akankah si pemalas menjadi milyader atau akankah si jahil menjadi jenius atau bahkan si pintar justru masuk kedalam lubang kesengsaran. Entahlah hanya allah swt yang tahu hal itu,tentu beliau telah menuliskan kisah yang indah untuk kita semua. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dengan keras untuk kehidupan yang lebih baik lagi dimasa mendatang. Jadi, bagi para pelajar berusahalah sekuat tenaga dan jangan sia-siakan waktumu ketika menuntut ilmu di bangku sekolah demi kesuksesan diri kita.

Ketentuan:
Warna Orange: Induktif
Warna Merah: Deduktif
Warna Biru: Campuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar