Kamis, 03 Mei 2012

Contoh Karya Tulis Ilmiah Singkat


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
            Pada zaman sekarang ini, tingkat pendidikan di Indonesia masih dalam proses perkembangan. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk terus mencetak generasi muda yang cerdas dan kreatif agar mampu bersaing di masa mendatang nanti. Seperti halnya pemberian tugas kepada siswa baik tugas sekolah maupun pekerjaan rumah. Hal ini bertujuan menjadikan siswa lebih cerdas lagi dalam berfikir dan berkreasi, karena dari pemberian tugas inilah siswa mampu berfikir ulang dan mengulang materi-materi yang telah disampaikan sehingga siswa mampu berfikir secara kritis dan logis.
            Di SMA Plus PGRI Cibinong dan khususnya di XI IPA 1 Reguler pemberian tugas sudah biasa diberikan kepada siswa setelah pemberian materi selesei. Hampir setiap mata pelajaran ada saja tugas yang diberikan kepada siswa. Bahkan tidak tanggung-tanggung jadwal pengembalian tugasnya pun sangat ditentukan secepat mungkin.
            Bagi guru-guru hal ini ditunjukkan untuk mendisplinkan siswa, tapi bagaimana dengan siswanya sendiri? Pemberian tugas yang terlalu berlebihan ini akan memiliki dampak yang tidak baik bagi konsentrasi siswanya itu sendiri.. Dampak apa sajakah itu? Apakah berbahaya untuk konsentrasi siswa?.

1.2 IDENTIFIKASI MASALAH
1.      Apakah ada efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler?
2.      Apakah upaya pemerintah dalam menanggulangi tingkat pendidikan di Indonesia sudah baik?

1.3 PEMBATASAN MASALAH
            Dari Identifikasi masalah diatas, maka peneliti membatasi penelitian pada efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler.

1.4 RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah ada efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler?
2.      Apakah efek pemberian tugas tersebut berupa efek positif atau negatif?

1.5 TUJUAN
Penelitian ini bertujuan, untuk :
1.5.1    Untuk mengetahui efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar disekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler.
1.5.2    Untuk mengetahui jenis efek yang didapatkan dari pemberian tugas yang berlebihan tersebut.

1.6 HIPOTESIS MASALAH
1.      Efek pemberian tugas yang belebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler benar adanya.
2.      Efek pemberian tugas yang berlebihan tersebut bisa berupa efek Positif dan Negatif.

1.7 MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini bermanfaat, untuk :
1.      Dapat mengetahui efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsentrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong kelas XI IPA 1 Reguler.
2.      Dapat mengetahui jenis efek yang didapatkan dari pemberian tugas yang berlebihan tersebut.

1.8 METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang  digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode Kualitatif.


BAB 2
LANDASAN TEORI

2.1  PENGERTIAN TUGAS SEKOLAH
Suatu pekerjaan atau kegiatan yang diberikan oleh guru kepada siswanya untuk menjadikan siswanya lebih pintar, kreatif dan cerdas. Biasanya tugas diberikan pada saat materi selesei disampaikan.

2.2  PENGERTIAN KONSENTRASI
Konsentrasi adalah Pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Semua kegiatan kita membutuhkan konsentrasi.

BAB 3
HASIL PENELITIAN

Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa memang benar adanya efek pemberian tugas yang berlebihan terhadap konsesntrasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMA Plus PGRI Cibinong Kelas XI IPA 1 Reguler, seperti perhatian siswa kepada pelajaran yang mereka terima berkurang. Fikirannya lebih tersita untuk mengerjakan tugas-tugas yang kian menumpuk tetapi harus dikumpulkan dalam waktu yang dekat. Siswa pun sering tidur malam karena mereka ingin menyelesaikan salah satu tugasnya sebelum tugas yang lain “Mengantri” untuk dikerjakan dan akibatnya ke esokan harinya siswa bangun tidak tepat waktu dan kesekolah dengan keadaan fisik yang kurang fit, sehingga cukup sukar untuk menerima materi yang disampaikan.
           Jika ada tugas kelompok, tentunya siswa akan mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara teman yang satu dengan teman yang lainnya, mengingat kesibukan yang berbeda-beda. Dalam hal ini siswa harus siap menerima resiko untuk pulang agak telat bahkan maksimal pukul 19:00 Malam, mereka melakukan semua itu hanya demi terselesaikannya tugas mereka supaya fikiran mereka tidak terbebani oleh tugas, tugas, tugas dan tugas. Untuk mengerjakan satu tugas saja mereka membutuhkan waktu yang cukup menyita bila terus-menerus ditumpuk akibatnya waktu belajar siswa untuk mengulang pelajaran justru tersita untuk mengerjakan satu tugas belum lagi tugas-tugas lainnya.
           Disekolah pun perhatian siswa masih tertuju pada tugas yang sedang “antri” untuk dikerjakan tidak jarang siswa membicarakan  tugas mereka yang belum terselesaikan dan hal ini membuat fikiran siswa kian bertambah hingga menimbulkan kesulitan untuk berkonsentrasi atau bahkan menimbulkan stres. Stres dini sangat tidak baik untuk siswa bagi kedepannya. Karena seharusnya masa-masa sekolah ini membuat fikiran siswa berkembangbukan malah terbebani.

BAB 4
PENUTUP

`4.1 KESIMPULAN
           Beradasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut.
1.      Efek dari pemberian tugas yang berlebihan memang benar adanya.
2.      Terganggunya kegiatan belajar mengajar disekolah merupakan salah satu efeknya.
3.      Berkurangnya waktu belajar mengajar disekolah merupakan salah satu efeknya.
4.      Berkurangnnya waktu belajar siswa dirumah pun  merupakan efek pemberian tugas yang berlebihan.


4.2  SARAN
Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan:
1.      Sebaiknya pemberian tugas yang berlebihan terhadap siswa mulai dikurangkan.
2.      Hendaknya siswa mampu untuk membagi waktu antara mengerjakan tugas dengan belajar dirumah.
3.      Sebaiknya, bila diberikan langsung dikerjakan agar tidak harus kerja extra untuk ,mengerjakan tugas-tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar